Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular “Posbindu PTM” di Desa Pedurungan

Pemalang, Sabtu 6 Januari 2018- Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) pada dasarnya merupakan kegiatan milik masyarakat yang dilaksanakan sepenuhnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Keberadaan Posbindu PTM sangat penting dalam mendukung keberhasilan program CERDIK. Posbindu PTM akan merujuk setiap kasus PTM yang ditemukan ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM. Bagi sasaran masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi masyarakat beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM. Dan untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Desa Pedurungan berada di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Banjardawa. Kegiatan Posbindu untuk wilayah Desa Pedurungan diselenggarakan setiap satu bulan sekali di tanggal 6. Masalah yang terdapat pada Posbindu di Desa Pedurungan ialah tingkat pasrtisipasi masayarakat yang rendah. Hal tersebut dikarenakan adanya biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti kegiatan ini serta sosialisasi yang kurang terkait  pentingnya pelaksanaan Posbindu PTM.

KKN Undip 2018

Mahasiswa KKN Undip 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *